MALAM TABIT BERSANDING


Malam Tabot Bersanding
©2018 by Yovi Guantara Tanjung

Penulis                 : Yovi Guantara Tanjung
Penyunting        : Herman Suryadi, S.Pd., M.Pd.

ISBN : 978-602-5528-83-5


Kumpulan cerpen ini berjudul Malam Tabot Bersanding”, dilatarbelakangi prosesi yang mulanya dilaksanakan oleh keturunan keluarga tabot dan telah berlangsung lama di Bengkulu. Sepertinya penyelenggaraan ritual tersebut menjadi “keharusan” dan “kebutuhan” yang tidak boleh ditinggalkan. Sesuai dengan perkembangan zaman dipadukan juga perayaan tabot menjadi sebuah seni pertunjukan. Sehingga hal tersebut menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu. Kegiatan tersebut digelar setiap tahun pada tanggal 1 s.d. 10 Muharram tahun Hijriyah.
Sudah tentu banyak kisah dan cerita yang terjadi selama penyelenggaraan hajatan tahunan di Bengkulu selama sepuluh hari itu. Sebab penduduk yang berasal dari dusun yang letaknya jauh, laki-laki dan perempuan, tua-muda datang pula meramaikan dan menyaksikan perayaan tersebut. Penulis berusaha merekam sebuah kisah yang kebetulan terjadi nyata dalam momen tersebut.
Kumpulan cerpen ini ditulis dalam rentang waktu 2017 s.d. 2018, berisi 16 cerpen. Lama pengerjaan cerpen-cerpen ini cukup beragam. Beberapa ide naskah yang belum tuntas diselesaikan akibat aktivitas yang padat, akhirnya terselesaikan juga. Sehingga jadilah kumpulan cerpen ini.
Beragam cerpen dalam buku ini berkisah tentang banyak hal. Beberapa di antaranya adalah kisah kehidupan para sahabat, yang penulis coba jadikan sebuah tulisan. Sebab sudah sepantasnya juga aspek dalam kehidupan itu dibagi dengan dijadikan sebuah tulisan yang bisa dibaca. Ada kisah tentang persahabatan, romantika asmara, tokoh yang diteladani, ketaatan seorang umat kepada pencipta-Nya, kebahagiaan, kesedihan dan lain-lain.


 


0 komentar:

 

Sahabat Oksa

KONTAK SEMENTARA KAMI

KONTAK SEMENTARA KAMI

Yuk, Terbitkan Karyamu!!!