Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi penting fungsi kemanusia-annya. Secara bio-psiko-sosial, mereka terhambat dalam mencapai tahapan-tahapan dan tujuan perkembangannya di antaranya meliputi anak-anak dengan kebutaan, ketulian, mengalami gangguan bicara dan berbahasa, cacat tubuh, retardasi mental, dan gangguan emosional. Anak-anak berbakat dengan inteligensi tinggi, juga dapat dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus karena memerlukan penanganan yang juga khusus dan terlatih.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam memberikan pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus, maka diperlukan modifikasi kurikulum, program pembelajaran individual, modifikasi perilaku, dan terapi yang berbasis pada masalah masing-masing anak berkebutuhan khusus secara spesifik yang juga dibahas mendetail dalam buku ini.
Buku ini juga ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti baik oleh siapa saja yang membaca buku ini.
0 komentar:
Posting Komentar